Nih Panduan Lengkap Cara Memakai Microsoft Word Beserta Gambar !

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2017 dan 2018  - Hallo teman blogger , sehabis sekian usang saya tidak mempublish artikel di blog ini, kesannya kini saya mulai aktif kembali.

Di artikel ini saya akan mencoba meberikan tutorial pembelajaran cara mengoprasikan MS Word (Microsoft Word), yang sanggup kalian aplikasikan di banyak sekali versi dari MS.Word itu sendiri, baik Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 bahkan miscrosoft word 2017.

Pasalnya yang membedakan Ms Word versi usang dan versi gres hanyalah fitur dan tampilan yang sedikit berubah.

Oh ya kini sudah ada microsoft word versi mobile loh, jadi kalian sanggup mencar ilmu ms word dari hp saja. (belajar cara menggunakan microsoft word di hp)

Kaprikornus sanggup dipastikan apabila kalian menguasai 1 versi saja, kalian akan sanggup mengetahui cara menggunakan ms word versi terbaru.

Maka dari itu tutorial cara mencar ilmu ms word ini akan sangat berkhasiat kalau kau yaitu seorang mahasiswa,pelajar ataupun karyawan kantoran yang ingin mencar ilmu microsoft word.

Di artikel ini saya akan mengpuas tuntas, Mulai dari cara menciptakan table , membrikan jarak antar spasi, mengganti jenis huruf, menciptakan nomor pada halaman gres dan banyak sekali macam hal lainnya yang akan pribadi saya jelaskan secara lengkap, terperinci dan disertai gambar supaya kalian yang masih awam ataupun pemula sanggup dengan gampang memahaminya.

Belajar Microsoft Word Untuk Pemula


Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

Konsep Dasar yang akan kita pelajari pada artikel ini ialah

1. Mengenal Fungsi Dari Masing-Masing Tool yang ada pada Ms. Word
2. Mempraktekkan Cara Menggunakan Tool yang ada di Ms.Word

Nah ketika kalian sudah memahami 2 konsep dasar tersebut kalian akan sanggup dengan gampang menggunakan Microsoft Office Word.

Mengenal Fungsi Toolbar dan Menu Pada Microsoft Word


Home 


Fungsi dari Tool Home pada Microsoft Word ini rata-rata dipakai untuk pemformatan dari text , unuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini , Cara menggunakan Microsoft Word 2010.


Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

1. B : Icon abjad B yang ada pada gambar itu artinya Bold , yang fungsinya ialah untuk mempertebal goresan pena yang ingin kita tebalkan

2.  / : , abjad I Miring yang ada pada gambar artinya ialah Italic yang fungsinya untuk menciptakan goresan pena terlihat miring

3. U : Huruf U yang ada pada gambar nomor 3 artinya ialah underline , yang fungsinya memperlihatkan garis bawah ke kalimat yang ingin kita garis bawahi

4. abc : Huruf abc yang ada pada nomor 4 artinya Strikethrough yang fungsinya mencoret goresan pena yang ingin kita coret

5. X1 : Huruf X1 yang ada pada nomor 5 artinya ialah Subscript yang fungsinya sanggup kita gunakan untuk memperlihatkan kuadrat di bawah abjad ataupun memperlihatkan efek goresan pena yang lebih kecil di bawah abjad dari pada ukuran font utama

6. X2 : Huruf X2 yang ada pada nomor 6 artinya juga sama yaitu Subscript yang berfungsi memperlihatkan kuadrat di atas abjad utama

7. A : Huruf A yang ada pada nomor 7 artinya ialah Text Effect yang berfungsi memperlihatkan effect pada setiap text sesuai yang kita inginkan

8. ab : Huruf ab yang ada pada nomor 8 artinya Text Highlight Color yang brfungsi memperlihatkan efek warna di dalam tulisan

9. A : Huruf A yang ada pada nomor 9 itu artinya ialah Font Color yang fungsinya ialah memperlihatkan Warna kdalam text

10. Align Text Left : Fungsi dari tool ini ialah memperlihatkan efek rata kiri pada setiap goresan pena yang akan kita tulis di Microsoft  Word 2017 , 2016, 2013 dan brbagai macam versi lainnya

11. Center : Fungsi dari tool ini ialah mmbrikan efek rata tengah pada setiap text ataupun kalimat yang akan kita tulis di ms word.

12. Align Text Right : Fungsi dari tool ini ialah memperlihatkan efek rata kanan pada setiap kalimat yang akan kita tulis di lembar kerja ms.word

13. Justify : Fungsi dari tool ini alah mengurangi kerapatan setiap text , abjad ataupun kalimat yang akan kita tulis di ms word.

14. Line and Paragraph Spacing : Fungsi Tool ini ialah merenggangkan jarak goresan pena dari bawah dan atas

15.  Shading : Fungsi Tool ini ialah sebagai memperlihatkan warna kebackround goresan pena kita secara menyeluruh di lembar kerja

16. Bottom Border : Fungsi dari tool ini ialah memperlihatkan pembatas garis dari setiap text ataupun kalimat yang kita inginkan

17. Font : Fungsi dari tool ini pada microsoft word baik versi 2010 hingga versi terbarunya ialah mengubah gaya goresan pena (font) yang ingin kita gunakan, jadi kalau kau bosan menggunakan gaya goresan pena yang itu-iu saja , kau sanggup mengubahnya menggunakan fitur ini.

18. Font Size : Fungsi dari tool ini pada Ms. Word ialah untuk menntukan ukuran bsar ataupun kecil abjad yang akan kita gunakan. jadi kalau kalian merasa ukuran abjad yang kau gunakan terasa sangat kecil kau sanggup membesarkannya dengan fitur ini.

19 dan 20Grow Font dan Shrink Font  : Fungsi dari tool ini sama dengan font size yang membesar dan mengecilkan tulisan

21. Change Case : Fungsi tool ini ialah mengubah style besar abjad dan rlevansi text , di dalam mnu itupun terdapat banyak sekali macam style yaitu , Sentence Case, Lowercase, Upercase, Toggle Case, dan Capitalize Each Word.

22. Clear Formatting : Fungsi tool ini alah membersihkan setiap goresan pena yang kalian masukkan kedalam lembar kerja.

Contoh : Biasanya dikala kita mengcopy paste sebuah goresan pena ataupun artikel yang ada di internet , goresan pena yang akan kita copy paste itu akan mengikuti format yang ada di internet juga, nah untuk membersihkan format dan banyak sekali macam script yang sudah melekat di goresan pena yang kita copy paste tadi tool Clear Formatting akan membersihkannya secara otomatis.

23. Bullets : Fungsi dari fitur ini ialah memperlihatkan icon tertetntu susuai pilihan kita di awal paragraf

Contoh :
  • Aku Lapar
  • Aku kenyang
Nah 2 titik sebelum goresan pena saya lapar dan saya kenyang itulah sebagai referensi penggunaan Bullets , namun di dalam bullets itu sendiri banyak sekali icon yang sanggup kita gunakan , jadi bukan hanya titik saja

24. Numbering : Fungsi dari tool ini ialah memperlihatkan nomor scara otomatis dari setiap kalimat.
Kaprikornus ketika kalian menekan tombl "Enter" Maka secara otomtais sistem akan memperlihatkan nomor .

25. Multilevel List : Fungsi dari tool ini ialah untuk membrikan Heading di dalam Heading ataupun memperlihatkan Judul di dalam judul.

26. Decrease Indent : Fungsi dari tool ini ialah menggeser kekiri semua goresan pena yang sudah kita select

27. Increase Indent : Fungsi dari tool ini ialah menggeser kekanan setiap goresan pena yang sudah kita select

28. Sort : Fungsi dari tool ini ialah untuk mengurutkan text dari bawah keatas , atas kebawah, besar kekecil dan kecil kebesar

29. Show / Hide : Fungsi dari tol ini ialah menampilkan tanda tiap paragraf dan sanggup dimunculkan ataupun disembunyikan

30. Fungsi dari tool ini hampir sama dengan Font , yaitu merubah style dari abjad ataupun goresan pena yang akan kita tulis di Ms.Word

Insert


Fungsi dari tab ataupun sajian Insert ini ialah untuk menginput ataupun memasukkan gambar dan bebagai macam media pendukung lainnya, untuk lebih lengkapnya sialahkan baca artikel di bawah ini cara menggunakan Microsoft Office 2007.

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

1. Cover Page : Seperti namnya fungsi dari tool ini ialah untuk menciptakan cover depan dari dokumen yang sedang kau kerjakan.

2. Blank Page : Fungsi dari tool ini ialah untuk menciptakan halaman kerja gres tanpa harus menghapus halaman kerja sebelumnya

3. Break Page : Fungsi dari tool ini ialah untuk memindahkan kehalaman selanjutnya

4. Table : Seperti namnya , fitur ini sanggup kau gunakan untuk menciptakan tabel di microsoft word baik versi 2007 samapai vrsi terbarupun fungsinya masih sama

5. Picture : Fungsi tool ini sanggup saya katakan fungsi terpenting yang ada pada tab Insert , pasalnya dengan fitur ini kita sanggup memasukkan gambar dari komputer kamu, kedalam halaman kerja yang sudah kita buat.

6. Clip Art : Fungsi dari tool ini ialah menambahkan gambar dan video yang sudah di sediakan oleh pihak microsoft word

7. Shapes : Fungsi dari tool ini ialah menciptakan sesuatu Shape ataupun bentuk sesuai yang kita inginkan

8. SmartArt : Fungsi dari tool ini ialah untuk menciptakan suatu gambar yang saling keterkaitan layaknya gambar rantai masakan pada pelajaran ipa , jadi kalau kalian ingin mmuat hal sperti itu kalian sanggup menggunakan fiur ini

9. Chart : Fungsi dari tool ini ialah untuk memuat ilustrasi dari suatu data yang sanggup berupa diagram bulat , balok dll.

10. Screenshoot : Sama menyerupai namanya tool ini berfungsi menangkap gambar yang ada di layar komputermu.

11. Hyperlink : Tool ini berfungsi untuk memasukan alama url di dalam text, jadi ketika oran lain mengeklik text tersebut , maka secara otomatis ia akan di arahkan kdalam url yang sudah dimasukkan di dalam text tadi.

12. Bookmark : Tool ini sanggup kau gunakan untuk menciptakan suatu catatan penting

13. Cross Reference : Berfungsi untuk mnunjukan item tersebut sebagai Heading, Figur dan table melalui inserting

14. Header : Berfungsi memperlihatkan Style dari setap heading yang kau buat dengan banyak sekali macam template yang sudah ada di dalmnya

15. Footer : Tool ini berfungsi kalau kalian ingin memperlihatkan footer pada dokumen yang kalian buat di pecahan palng bawahnya.

16. Page Number : Tool ini berfungsi untuk memperlihatkan nomor setiap halaman yang kia buat, tool ini yaitu tool yang paling banyak di pertanyakan orang wacana tata cara penggunaannya.

Bagaimana cara menciptakan nomor ada setiap halaman di microsoft word ? untuk menjawanya akan saya bahas di final artikel

17. Text Box : Fungsi dari tool ini ialah untuk menciptakan Text di dalam box, fitur ini cocok kau gunakan kalau kalian suka memua Quote aaupun kata-kata romantis untuk di ctak atapun dibagikan gratis di internet

18. Quick Part : Jujur saja saya juga kurang memahami dari fungsi tool ini, tapi berdasarkan saya pribadi fungsi dari tol ini yaitu menilik setiap ejaan yang salah.

19. WordArt : Fungsi dari tool ini ialah menciptakan goresan pena yang sangat unik dengan menggunakan banyak sekali macam pilihan template yang sanggup kau aplikasian secara gratis

20. pada nomor 20 yang ada digambar kita melihat 3 buah sajian yaitu signature line, date and time dan objek.

yang mana fungsi dari signature line ialah membikan tanda tangan kedalam lembar kerja, sedangkan date and time berfungsi memperlihatkan tanggal pada halaman, dan untuk objek berfungsi menambahkan objek di lembar kerja

21. Sebenarnya di gambar di atas tidak ada nomor 21 alasannya yaitu saya lupa dalam menulisnya , coba kalian perhatikan paling ujung kanan dari gambar diatas.

di situ ada 2 fitur yang berjulukan Equation dan Symbol yang fungsi dari item ini ialah untuk memperlihatkan simol dikala kita mengetik dengan banyak sekali macam iconnya yang sangat unik.

Page Layout


Pada Tab Layout fitur ini dipakai untuk mmpercantik goresan pena kau , jadi tab ini tidak ada hubungannya dengan tehnik menulis di microsoft word.

Contoh kecil yang sanggup kau lakukan di tab ini ialah menentukan margin yang artinya menentukan batas tepi atas ,bawah dan samping, mengatur spasi , bntuk lembaran antara potrait ataupun landscae dll. untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel ini mencar ilmu menggunakan microsoft word 2013.

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !


1. Theme : Berfungsi untuk mngatur ataupun mengubah dari goresan pena yang kita buat di ms word.


2. Margins : Tool margins pada microsoft office word berfungsi untuk mengatur jarak tepi tulisan, yang tujuannya supaya semua goresan pena yang kau buat di ms. word lebih terlihat rapi dan tidak acak-acakan

3. Orentation : Tool ini berfungsi untuk mengatur orentasi dari lembar kerja , apakah kalian ingin menggunakan lembar kerja yang memanjang kebawah (potrait) ataupun lembar kerja yang melebar (landscape)

4. Size : Menu Size pada Ms Word berfungsi untuk mengatur kertas apa yang akan kita gunakan untuk mnctak dokumen yang sudah kita buat.

pasalnya beda kertas , maka juga akan beda yang akan di hasilkan ketika kita mencetak ataupun mengeprintnya.

5. Columns : Fungsi dari icon ini ialah menciptakan kolom secara otomatis layaknya surat kabar , kalau kau tidak ingin menggunakan kolom sebaiknya fitur ini jangan kau klik.

6. Line Numbers : Berfungsi untuk memperlihatkan nomor setiap kalimat yang ada pada lembar kerja ms word.

7. Watermark : Tool ini untuk membrikan tanda ataupun peringatan supaya tidak ada yang mengcopy -paste goresan pena yang kau buat di ms word tersebut. maka dari itu fitur ini sangat brfungsi untuk mereka yang tak kehilangan hasil karyanya tanggapan di copy paste.

8. Page Border : Tool ini berfungsi untuk memperlihatkan garis di tepi-tepi halaman kerja

9. Indent : Tool ini berfungsi untuk mengatur garis tepi text yang akan kita tulis di ms.word.

10. Spacing : Ftur ini sanggup kita gunakan untuk mengatur jarak spasi antara goresan pena atas dan bawah , sehingga goresan pena kita akan lebih terlihat rapi dikala menggunakannya.

12. Position, Warp Text , Bring Forward, Sendbackward : Tool ini tidak sanggup dipakai jadi saya sendiri kurang memahami apa fungsi dari beberapa tab yang ada pada nomor 12 tersebut

References


Fungsi Dasar pada tab references pada Microsoft Word ialah untuk mempermudah pembuatan daftar isi , halaman kutipan, pada tab ini kita sanggup dengan gampang menciptakan suatu dokumen.

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

1. Table Of Content, Add Text, Update Table

Table Content : Tool ataupun tab ini dipakai untuk pengolahan daftar isi.

Add Text : Tool ini dipakai untuk mengelola paragraf terpilih yang ada kaitannya sebagai entri kdaftar isi yang sudah kalian buat

Update Table : Tool ini hanya dipakai dikala kalian ingin mengupdate ataupun memperbaharui daftar isi

2. Insert Footnote, Insert Endnote , Next Footnote, Show Note

Insert Footnote : Digunakan untuk menyisipkan alamat rujukan ataupun catatan kaki yang terletak dibawah footer

Insert Endnote : Tool ini sanggup kau gunakan dikala kau ingin menyisipkan catatan kaki di final bab.

Next Footnote : Tab ataupun tool ini kita gunakan untuk memantau footnote ataupun endnote.

Show Note : Tool iniberfungsi untuk menampilkan lokasi catatan , baik dari footnote ataupun endnote

3. Insert Citation, Manage Sources, Style, Bibliography

Insert Citation : Tool ini berfungsi untuk menyisipkan kutipan pribadi di kawasan kursor yang sedang aktif.

Manage Sources : Tool ini sanggup kita gunakan dikala mengelola semua sumber kutipan yang sanggup jadi sudah di sisipkan disemua segmen dari file dokumen yang kita buat.

Style : Tool ini sanggup kita gunakan untuk menentukan bentuk dari bibilography yang ingin kau gunakan.

Bibilography : Tool ini berfungsi untuk menyisipkan daftar pustaka kedalam file dokumen aktif

4. Insert Caption, Insert Table Of figure, Update Table, Cross Refrence


  • Insert Caption : Tool ini berfungsi untuk menambahkan keterangan dari gambar yang sudah kau pasang ataupun sisipkan kedalam halaman kerja
  • Insert Table Of Figure : Berfungsi untuk menyisipkan daftar isi dari gambar yang sudah kau masukkan kedalam dokumen.
  • Update Table : Digunakan kalau kau ingin memperbaharui semua katalog gambar yang ada di dalam dokumen
  • Cross Refrence : Digunakan dikala kau ingin menyisipkan refrensi silang


5. Mark Entry, Insert Index, Update Index

  • Mark Entry : Berfungsi untuk menandai masukkan gres yang ada pada dokumen
  • Insert Index : Tool ini sanggup kau gunakan untuk menyisipkan daftar kata yang ada pada dokumen
  • Update Index : Digunakan kalau kau ingin mengubah ataupun memperbaharui daftar index

6. Mark Citation, Insert Table Of Authorities, Update Table


  • Mark Citation : Tool ataupun tab ini berfungsi hampir sama akan mark enry, yaitu untuk menandai masukkan gres kedalam dokumen
  • Insert Table Of Authorities : Tool ini sanggup kita gunakan untuk menyisipkan table sumber  dari kutipan, konstitusi ataupun undang-undang.
  • Update Table : Tool ini dipakai untuk memperbaharui informasi yang ada pada table

Maillings


Tab ini fungsi dan keguanaan pada umumnya ialah untuk menciptakan label, mencetak amplop dan menggabungkan  tata cara pengelolahan surat.



Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

1. Envelopes : Tool ini sanggup kau gunakan untuk menciptakan dan mencetak amplop dengan microsoft word.

2. Labels : Tab ini sanggup kau gunakan untuk menciptakan ataupun mencetak label

3. Start Mail Merge : Tool ini sanggup kau gunakan untuk menciptakan surat biasa ataupun email yang pribadi dikirimakn kebanyak orang sekaligus

4. Select Recepients : Tool ini berfungsi untuk memasukkan daftar nama ataupun orang yang akan mendapatkan surat

5. Edit Recepients List : Tool ini sanggup kau gunakan untuk mengubah ataupun mmperbaharui daftar orang yang akan mendapatkan surat

6. Highights Merge Field : Dapat kau gunakan untuk mempermudah acara kau dikala ingin memperbaharui informasi yang salah

7. Address Block : Digunakan untuk memasukkan alamat pada surat yang ingin kau tuju

8. Greeting Line : Tool ini sanggup kau gunakan untuk menambah nama sapaan

9. Insert Merge Field : Tool ini sanggup kau gunakan kalau akseptor surat mempunyai informasi tambahan

10. Rules, Match Field, Update Labels

  • Rules : Bisa kau gunakan layaknya penggaris
  • Match Field : Tool ini berfungsi untuk membandingkan Surat
  • Update Label : Berfungsi dikala kau ingin memperbaharui label pada surat
11. Preview Result : Tool ini berfungsi untuk menampilkan culikan surat yang sudah kau buat dan daftar penerimanya

12. Find Recipient, Auto Check for Errors, Finish & Merge 
  • Find Recipient : Tool ini berfungsi untuk mencari daftar akseptor dari surat yang sudah kau buat
  • Auto Check For Errors : Berfungsi untuk mengecek ataupun menilik apakah ada kesalahan dalam surat
  • Finish & Merge : Tool ini berfungsi untuk mengetahui bahwa surat yang kau buat sudah siap dan lengkap untuk di kirim ataupun dicetak



Review



Fungsi dasar dari tab ini ialah untuk memperbaiki dokumen ataupun surat yang banyak mengalami salah ejaan dan tata cara penulisan.


Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

1. Spelling Grammar : Tab ini dipakai untuk memriksa kesalahan kata, ataupun ejaan (grammar)

2. Research : Tool ini sanggup kau gunakan untuk membuka panel penlitian refrensi

3. Thesaurus : Berfungsi memperlihatkan saran ataupun rokomendasi kata yang sepadan

4. Word Count : Berfungsi untuk menghitung jumlah kata ataupun abjad yang ada pada laman kerja

5. Translate : Mengartikan bahasa yang ada di laman kerja ada dirumah

6. Language : Dapat dipakai untuk mengatur bahasa dengan meBerfungsi untuk mengartikan bahasa tertentu kebahasa lain menyerupai yang kita inginkan ngecek terlebih dahulu tata bahasa dan ejaan yang sudah terselect

7. New Comment : Dapat kau gunakan untuk memasukkan komentar gres pada dokumen ataupu surat

8. Delete : Digunakan unuk menghilangkan ataupun menghapus komentar

9. Previsious : Bisa kau gunakan untuk menampilkan komentar sebelumnya

10.  Next : Berfungsi menampilkan  komentar selanjutnya


View

Tab ini intinya memprmudah acara kita dalam menampilkan dua dokumen yang berbeda halaman , selain itu kita juga sanggup memperbesar dan memperkecilnya

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

1. Print Layout : Tool ini sanggup kau gunakan untuk melihat ataupun menampilkan hasil kerja yang akan kau cetak

2. Full Screen Reading : Untuk membaca dan meilihat dokumen ataupun surat yang kau buat dengan ukuran layar yang full ataupun maksimal

3. Web Layout : Tab ini sanggup kau gunakan untuk melihat kalau dokumen yang kau buat ditampilkan dengan versi websitenya.

4. Outline View : Berfungsi untuk melihat hasil krja sesuai dengan skema ataupun urutan

5. Draft View : Berfungsi untuk menampilkan hasil kerja yang kau buat , yang tujuanya ialah untuk mengkoreksi apakah dokumen yang kau buat sudah sesuai dengan konsep .

6. Ruler, Gridlines, Navigation Pane

  • Ruler : Berfungsi untuk menampilkan pnggaris
  • Gridlines : Untuk menampilkan atauapun memperlihatkan garis kisi pada dokumen
  • Navigation Pane : Berfungsi untuk mempermudah navigasi dari dokumen ataupun surat yang sudah kau buat.

7. Zoom : Seperti namanya, fungsinyapun juga sama yaitu memperbesar tampilan sesuai yang kita inginkan

8. New Window : Berfungsi untuk membuka dan memperlihatkan dokumen tersebut kedalam jendela baru

9. Arrange All : Tool ini berfungsi untuk mengatur semua jendela agenda supaya sejajar dan berdampingan

10. Split : Berfungsi untuk mensplit (membagi) jendela kedalam beberapa pecahan yang menampilkan lembar kerja

11.  Views Side by Side, Synchronous Scrolling, Reset Window Position

  • Views Side by Side : Berfungsi untuk memperlihatkan ataupun menampilkan jendela secara berdampingan
  • Synchronous Scrolling : Untuk menciptakan 2 jendela menggulung secara bersamaan
  • Reset Window Position : Berfungsi ulang untuk mereset ataupun mengembalikan posisi dari jendela berdampingan sesuai dengan settigan deafulnya.
12. Switch Windows : Berfungsi untuk memindahkan jendela secara cepat

13. View Macros : Menampilkan Macro pada dokumen


Cara Menggunakan MS Word


Seperti yang saya katakan di atas , sehabis kita mencar ilmu microsoft word dengan mengenal banyak sekali macam tool dan fungsinya, maka kita akan sanggup dengan gampang mengetahui dan menguasai cara mencar ilmu microsoft word untuk pemula.

Apakah kalian sudah cukup memahami fungsi dasar dari tool di atas ? kalau sudah pribadi saja kita akan mempraktekkan cara penggunaan ataupun cara menggunakan microsoft word.


1. Cara Membuat dan Membuka Halaman Baru 

Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

Langkah pertama yang harus kalian kuasai supaya sanggup andal mengunakan ms word ialah mengetahui cara mmbuat dan membuka halaman ataupun dokumen.

Bayangkan saja kalau menciptakan dan membuka dokumen saja kalian tidak mengetahuinya, niscaya itu akan menjadi suatu hal yang akan memalikkan.

Nah cara untuk menciptakan halaman gres ialah :

  • Klik Tab File (Ujung kiri paling atas) - Klik New - dan Pilih Blank Dokumen dengan cara klik kiri 2 kali.

Dengan melaksanakan hal trsebut , secara otomatis halaman gres yang masih kosong akan terbuka.
Nah kalau kalian disuruh untuk memuka dokumen apa yang harus kau lakukan ? berikut caranya.

Cara Membuka Dokumen Pada Microsoft Word :
  • Klik File - Open - Cari Dimana Dokumen yang Ingin Kamu Buka - Klik Open - Selesai

2. Cara Menggunakan Fungsi Bold, Underline, Italic dll...


Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

Seperti yang saya jelaskan di atas , apa itu bold, underline dan italic ?
Yap Bold yaitu fitur yang sanggup kau gunakan untuk mempertebal huruf, sedangkan underline yaitu fiur untuk menggaris bawahi suatau abjad ataupun kalimat dan italic ialah fitur untuk mmbuat goresan pena terlihat miring.

Lalu Bagaimana cara Menggunaknnya ?
Cara menggunakannya ada 2 yaitu :

1. Dengan Mengklik Salah satu simbol itu terlebih dahulu (B,U,/)  gres kalian menulis dan

2. Mengeblok Kalimat ataupun abjad yang ingin kalian berikan tanda, kemudian mengeklik salah satu icon dari bold, italic ataupun underline

Maka dengan secara otomatis semua icon akan mengikuti sesuai dengan kehendak kamu.

Contoh :

  • Ini Contoh Bold
  • Ini referensi Italic
  • Ini Contoh Underline
Nah jadi itulah referensi dari banyak sekali macam cara penggunaan bold , italic dan underline

Lalu bagaimana kalau saya ingin menggunakan Align Text Left (Rata kiri), Center (Rata Tengah), dan Align Text Right (Rata Kanan), Hyperlink, dll ?
 Walaupun berbeda nama , namun untuk cara pengaplikasiannya sama saja , bahkan semua tool yang ada di ms.word sanggup di aplikasikan dengan 2 cara yang saya bagikan diatas tadi.

Kaprikornus jangan hingga kalian galau lagi wacana tata cara penggunaan fitur yang ada di microsoft word.

1. Dengan Mengklik Salah satu Fitur yang ingin kau gunakan terlebih dahulu, gres menulis dan

2. Menulis terlebih dahulu lalu, Mengeblok Kalimat ataupun abjad yang ingin kalian berikan fitur


3. Cara Membuat Table di Microsoft Word :


Nah hal keiga yang wajib kalian pahami ketika mencar ilmu menggunakan microsoft word ialah bagaimana cara menciptakan table di ms word.

Pasalnya table yaitu salah satu element yang penting didalam sebuah dokumen, bahkan hampir rata-rata dokumen menggunakan table, baik sebagai perbandingan ataupun sebagai data.

Inilah bagaimana cara menciptakan table pada ms word.

1. Silahkan klik Tab Insert 
2. Klik Table dan Pilih Insert Table
3. Silahkan masukkan baris dan kolom yang kau inginkan

Mana yang baris dan mana yang kolom ? Silakan simak gambar di bawah ini.


Belajar Cara Menggunakan Microsoft Word  Nih Panduan Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Word Beserta Gambar !

4. Silahkan Klik OK , Maka Secara Otomatis kolom akan terbuat

Praktis bukan cara menciptakan table menggunakan ms word ? sehabis cara menciptakan table saya akan membahas cara menciptakan daftar isi di microsoft word.


Cara Memuat Daftar Isi di Microsoft Word

Jika table banyak dipakai untuk dokumen beda halnya dngan Daftar isi. Tata cara pembuatan daftar isi ini biasanya banyak di perlukan oleh mahasiswa dan mahasiswi yang masih mencar ilmu cara menciptakan daftar isi di pelajaran bahasa indonesia ataupun KPAI .

Maka dari itu supaya kalian tidak galau dan kelabakan pribadi saja kita keopik utama wacana tata cara memuat daftar isi di ms word.

CATATAN : PENGGUNAAN CARA INI HANYA AKAN BEKERJA JIKA SMUA HALAMAN DAN JUDUL DARI SETAP BAB SUDAH SIAP , JIKA BLUM DAPA DI PASTIKAN CARA INI TIDAK AKAN BRHASIL

1. Silahkan atur dari Heading setiap halaman (H1,H2,H3,H4 Dll,, silahkan lihat di pecahan home)

2. Pada halaman khusus daftar isi, atur juga headingnya  

3. Jangan lupa untuk memperlihatkan nomor diseiap halaman dengan cara, Klik Insert - Pilih Page Number - OK

4. Klik References - Pilih Table Of Contents

5. Langkah terakhir silahkan Pilih Automatic Table 1 ataupun 2.

Nah dengan mengikuti langkah yang saya berikan tersebut maka secara otomatis daftar isi akan terbuat , maka dari itu silahkan ikuti tutorial tersebut supaya kalian tidak usah repot-repot menciptakan daftar isi secara manual.

Pasalnya selain lebih gampang hasilnyapun akan jauh lebih dari dari pada kalian harus membuatnya secara manual.

PENUTUP 

Nah jadi itulah beberapa cara yang sanggup kau plajari supaya mahir menggunakan microsoft word 2010 ataupun versi terbarunya 2017. semoga dengan adanya artikel ini tidak ada lagi yang bertanya
  • kak bagaimana cara menggunakan ms word ?
  • kak bikinin tutorial ms word dong.
  • kak ajarin cara mencar ilmu ms word dong
Pasalnya semua pertanyaan di atas sudah saya bahas selengkap-lengkapnya di artikel ini. Mohon maaf kalau terjadi banyak kesalahan kata,huruf ataupun informasi yang saya berikan di artikel wacana panduan dan tutorial mencar ilmu cara menggunakan ms word ini.

Tidak ada komentar untuk "Nih Panduan Lengkap Cara Memakai Microsoft Word Beserta Gambar !"